MEMAHAMI KESUCIAN UMAT BERIMAN

Aleksander Reba

Sari

Kesucian termasuk dimensi dasariah Gereja. Kesucian Gereja karena Gereja adalah umat Allah, dan karena Gereja adalah umat Allah, ia mengambil bagian dalam kesucian Allah. Karya Allah secara konkret dan historis dilaksanakan dalam Kristus. Gereja itu suci karena ia dipanggil dan dirahmati dalam Kristus, bukan karena para anggotanya saleh dan suci kehidupannya. “Kristus mencintai Gereja sebagai mempelai-Nya, menyerahkan diri bagi Gereja untuk menguduskannya dan mempersatukan Gereja dengan diri-Nya sebagai tubuh-Nya serta mengaruniainya dengan anugerah Roh Kudus.” Dalam persatuan dengan Kristus, Gereja mengambil bagian dalam kesatuan Bapa dan Roh Kudus dan itulah kesucian Gereja. Kesucian ini bukan pertama-tama masalah individual atau kesucian perorangan, melainkan Gereja sebagai keseluruhan, baik itu hirarki, biarawan-biarawati maupun awam.

Kata Kunci

Kesucian; Gereja; umat beriman; hirarki; biarawan-biarawati; awam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Embuiru. H. (Penerj.). Katekismus Gereja Katolik (KGK). Ende: Percetakan Arnoldus, 1995.

Hardawiryana, R. (Penerj.). Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Obor, 1993.

Groenen, C. “Gereja Yesus Kristus dari Awal (Th k.l. 30) Sampai Konsili Vatikan I”, dalam Spektrum No. 1.2. Tahun XIV 1986.

Jacobs, T. Konstitusi Dogmatis Lumen Gentium mengenai Gereja Terjemahan, Introduksi, Komentar. Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Kanisius, 1974.

------ Dinamika Gereja. Yogyakarta: Kanisius-Ende: Nusa Indah, 1979.

------ “Gagasan-gagasan Pokok Konsili Vatikan II”, dalam Spektrum No. 1.2. Tahun XIV 1986.

------ Paham Allah, dalam Filsafat, Agama-Agama, dan Teologi. Yagyakarta: Kanisius, 2002.

Leon Dufour, Xavier. Ensiklopedi Perjanjian Baru, Stefans Leks dan A.S. Hadiwiyata (Penyad.). Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Moloney, F. J. dan I. Suharyo, Menjadi Murid dan Nabi Model Hidup Religius Menurut Kitab Suci. Yogyakarta: Kanisius, 1988.

Sinaga, Anicetus B. Imam Triniter, Pedoman Hidup Imam. Jakarta: Obor, 1996.

Constantinus Fatlolon. https://www.hidupkatolik.com/2018/04/12/20004/lima-jalan-menuju-kekudusan-menurut-gaudete-et-exsultate/ Diakses, 18 Mei 2019.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.