PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA SEKOLAH TINGGI KATOLIK ST YAKOBUS MERAUKE DI MASA PANDEMI COVID-19

Yohanes Hendro Pranyoto

Sari

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi yang terjadi di Sekolah Tinggi Katolik (STK) Santo Yakobus Merauke. Di tengah pandemi covid-19, setiap sekolah termasuk perguruan tinggi “dipaksa” untuk mengubah metode dan media belajar mereka dari cara konvensional ke pembelajaran online/daring. Proses transisi yang sangat cepat ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap dinamika pembelajaran di kampus sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel penelitian adalah mahasiswa-mahasiswi STK sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan ialah angket dengan model skala Likert. Dari hasil uji validitas pada taraf signifikansi 5%, N = 60 orang dengan nilai kritis 0,254 diperoleh sebanyak 34 item valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien alpha sebesar 0,738 yang berarti reliabilitas instrumen tinggi. Dari hasil uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai signifikansi pada tabel Anova sebesar 0,000 yang berarti terdapat pengaruh Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Kognitif. Nilai korelasi sebesar 0,854 yang menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antar variabel bebas dengan terikat. Nilai R Square sebesar 0,71 yang berarti pengaruh variabel Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Kognitif sebesar 71%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pihak kampus lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran online dengan cara meningkatkan keterampilan dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan modul/aplikasi pembelajaran online, meningkatkan kesiapan sarana-prasarana pendukung (termasuk pemberian subsidi kuota internet), meningkatkan keterampilan dosen dalam mengembangkan modul pembelajaran berbasis daring, serta meningkatkan fungsi kontrol akses internet mahasiswa selama di kampus.

Kata Kunci

pembelajaran online, media pembelajaran, hasil belajar kognitif, covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arief S. Sadiman, dkk. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pemanfaatan, dan Pengembangannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Aristo Rahadi. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Bretz, Rudy. 1971. The A Taxonomy of Communication Media. New Jersey: Educational Technology Publications.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elliot, Stephen N. 2000. Educational Psychology: Effective teaching, Effective learning. Boston: McGraw-Hill.

Hartley, Darin E. 2001. Selling E-Learning. Alexandria: ASTD Publications.

Ismiasri, T. 2011. Pemanfaatan Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran Matematika. Blitar: STKIP.

Laughey, D. 2007. Themes in Media Theory. New York: Open University Press.

Molinda, Michael. 2005. Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey: Colombus.

Muhibbin Syah. 2009. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yazdi, M. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.