MENELAAH KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI SDK MABHAMBAWA DAN SDI WITU KECAMATAN KEO TENGAH-NAGEKEO

Catarina Florida Kumanireng

Sari

Strategi pembelajaran merupakan salah satu bagian penting yang menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Tugas guru adalah merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran secara efektif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Merebaknya pandemi covid-19 mengubah sistem kehidupan manusia di segala bidang tidak terkecuali bidang Pembelajaran di sekolah. Dampak yang terasa dalam yaitu perubahan sistem pembelajaran dari ruangan kelas menjadi pembelajaran dari rumah (BDR). Keadaan ini merupakan tantangan bagi para guru di SDK Mabhambawa dan SDI Witu. Realitas yang terjadi pada para guru di SDK Mabhambawa dan SDI Witu adalah mereka mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran dari rumah. Fokus masalah yang diteliti mengenai bagaimana kesulitan-kesulitan yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran dari rumah? Bagaimana upaya yang ditempuh untuk membantu para guru mengatasi kesulitan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran dari rumah? Tujuan penelitiannya yaitu, mendeskripsikan kesulitan-kesulitan para guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran dari rumah dan mendeskripsikan solusi-solusi sebagai upaya untuk membantu para guru mengatasi kesulitan dalam mengimplementasikan strategi pembelajarandari rumah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara

Hasil penelitian ditemukan, kesulitan utama yang dialami para guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran adalah: kesulitan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan kesulitan penggunaan media pembelajaran, karena tata ruang belajar di rumah yang kurang mendukung. Oleh karena itu dibutuhkan juga upaya dari kepala sekolah agar dapat mebantu guru mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran.


Kata Kunci

Guru, Strategi Pembelajaran dan Pembelajaran Dari Rumah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aidid. E. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Darmadi. H. (2017). Pengembangan Model & Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Fathurrohman, M. & Sulistyorini. (2012) Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fatimah & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Dalam Pena Literasi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 13.

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemic Covid-19. Dalam Al-Ibrah Jurnal Pendidikan dan keilmuan islam STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN. 5(2), 121.

Musfah. J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori Praktik Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.

Nasution, Nur. W. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nurdyansyah & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Diunduh dari http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1610.

Nurfadhillah, S. dkk, (2021). Media Pembelajaran SD. Sukabumi:CV Jejak.

Rusman. (2017). Belajar dan Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.

Saefuddin, A. H. & Berdiati Ika. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, A. M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Palangkaraya: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suriansyah, A. dkk. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Yamin, M. H. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.