PLURALISME SEBAGAI BENTUK PERLAWANAN TERHADAP RADIKALISME AGAMA

Theodorus Uheng Koban Uer

Sari

Masalah yang dikemukakan dalam penulisan artikel ini adalah apakah dengan kehadiran pluralisme dalam berbagai bidang kehidupan sosial budaya khususnya bidang kehidupan agama sungguh menjadi bentuk perlawanan terhadap radikalisme agama. Dan, upaya apakah yang perlu dilakukan agar pluralisme semakin efektif menjadi bentuk perlawanan terhadap radikalisme agama. Tujuan penulisan ini untuk menunjukkan bahwa radikalisme agama telah ada di Indonesia dan telah banyak korban berjatuhan sehingga perlu dilakukan upaya-upaya yang lebih efektif oleh organisasi atau lembaga-lembaga jemaat yang pluralistik bersama pemerintah dan badan keamanan untuk menghadapi kekejaman dan kebrutalan kaum radikalisme agama atau teroris. Metode yang dipakai adalah membaca berbagai kepustakaan dan mendeskripsikan berbagai informasi dari majalah dan surat kabar dan mengolah informasi menjadi data untuk disajikan dalam tulisan tersebut.

Hasilnya menunjukkan berbagai fakta bahwa beberapa organisasi keagamaan terus memantau dan bekerjasama dengan pihak keamanan yang bekerja dan bertindak optimal namun perlu ditingkatkan melalui kerjasama antarkelompok pluralis untuk terus waspada dan meningkatkan kerjasama antar berbagai komunitas keagamaan untuk mengurangi kekejamanan dan kebrutalan yang dilakukan oleh kelompok teroris khususnya ISIS ( Islamic State of Irak and Syria).

 

Kata Kunci

pluralisme;radikalisme agama.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), Alkitab Deuterokanonika, diterbitkan dan dicetak oleh Lembaga Alkitab Indonesia, diterima dan diakui oleh Konferensi Wali Gereja Indonesia, dicetak 2013, Jakarta.

Madung, Otto Gusti, Post-Sekularisme, Toleransi dan Demokrasi, Maumere, Penerbit Ledalero, 2017.

Magnis–Suseno, Frans, Praktek Moral Dasar Kenegaraan Modern, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Walker, D.F, Konkordansi Alkitab, Penerbit Kanisius Yogyakarta dan BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1994.

Dhedhu, Frederikus, Politik dan Religiositas, Atma Reksa Jurnal Pastorald dan Kateketik, Vol III No 1 Edisi Januari- Juni 2018, halaman 21 – 27, Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa, Ende.

Uer, Theodorus Uheng Koban, Konflik Sosial: Antara Kita, Kami, Kamu, dan Mereka, Jurnal Literasi No 3 Tahun III Desember 2018 halaman: 37-44, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores Ende.

Chatolic Life, Edisi April 2019, Penerbit Yayasan Pasindera Nusantara, Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.