PAROKI: MENGHADAPI PERSIMPANGAN BARU

Fabianus Selatang

Sari

Tujuan tulisan ini ialah untuk melihat konsep Paroki, kaum awam, pelayanan dalam paroki, persoalan-persoalan serta tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Paroki sebelum Konsili Vatika II sampai sekarang. Kemudian, bagaimana kita menghidupi Paroki dan saran-saran pastoral kontekstual yang diperlukan zaman sekarang. Metode yang dipakai oleh penulis adalah studi literer atau kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari sumber yang ada, penulis mendeskripkan secara tekstual mengenai paroki dalam menghadapi persimpangan baru. Setelah penulis menggali, meneliti dan merumuskan dari berbagai sumber, maka ada beberapa temuan penting. Pertama, Gereja adalah umat Allah. Konsep ini membawa pengaruh positif yang besar terhadap umat Katolik terutama dalam kaitan dengan panggilan untuk menjadi pelayan. Hidup matinya sebuah Paroki bukan semata-mata di tangan pastor Paroki, tetapi ada di tangan semua umat yang dibaptis. Kedua, semua orang dipanggil pada tugas yang sama yakni melanjutkan karya penebusan Kristus dan menguduskan dunia. Panggilan ini berkat rahmat Sakramen Pembaptisan. Ketiga, Gereja dan karya-karyanya mesti terbuka terhadap perubahan dan perkembangan serta tuntutan dunia. Gereja dihadapkan pada persimpangan baru dengan segala tuntutan dunia yang termanifestasir dalam kerinduan umat. Di sinilah diperlukan sebuah pola pendekatan dan pendampingan yang bijaksana agar tidak ada yang diabaikan dan yang lain merasa diperhatikan. Oleh karena itu, saran-saran pastoral tetap terbuka terhadap situasi dan kebutuhan sebuah medan pastoral paroki.

Kata Kunci

Paroki, Pelayanan Pastoral, Gereja, Kaum awam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

R. Hardawiryana. Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1992.

Susanto, Harry (Penterj.). Kompendium Katekismus Gereja Katolik. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Brian J. Mahan, Michael Warren and David F. White. Awakening Youth Discipleship,Wipf and Stock Publishers, 2008.

Clinebell, Howard John. Tipe-Tipe Dasar Pendampingan dan Konseling Pastoral.Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Curnow, Rohan Michael. The Preferential Option for the Poor: A Short History and a Reading Based on the Thought of Bernard Lonergan. Australia : Marquette University Press, 2012.

Dorr, Donal. Option For The Poor and for the Earth From Leo XIII to Pope Francis. New York: Orbis Books, 2016.

Eckert, Anna Marie. Total Youth Ministry. United States of America: Saint Mery’s Press, 2004.

Eilers, Franz -Josef (Penterj.). Berkumunikasi dalam Pelayanan dan Misi. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Flannery, Austin (ed.). Vatican Council II: Lumen Gentium (Dogmatic Constitution on the Church. United States of America: Liturgical Press, 2014.

Ken Johnson-Modragon (ed.). Pathways of Hope And Faith Among Hispanic Teens: Pastoral Reflections Strategies Inspired by the National Study of Youth and Religion. California: Instituto FeyVida, 2007.

O’Brien, Mary Elizabeth. Parish Nursing : Healthcare Ministry within the Church. London: Jones and Bartlett Publishers, 2003.

Thomas East, dkk. Leadership fot Catholic Youth Ministry A Comprehensive Resource. New London: Twenty-Third Publication, 2009.

Tarigan, Jakobus. Dari Gereja Untuk Gereja: Kisah Perjalanan Seorang Imam. Jakarta: Grasindo, 2012.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.