KATEKESE KELUARGA DI ERA DIGITAL

Dr. Manfred Agustinus Habur

Sari

Katekese sebagai bagian dari pendidikan iman berkembang sesuai dengan konteks zaman. Keluarga sebagai salah satu konteks berkatekese masuk juga dalam pusaran perkembangan yang amat sulit dihentikan. Katekese keluarga telah masuk di era digital. Katekese keluarga sebagai salah satu media pendidikan iman menemukan peluang dan tantangan baru era digital yang mengharuskan adaptasi tanpa kehilangan esensi iman. Keluarga menjadi salah fokus dan lokus dalam berkatekese. Katekese keluarga memiliki corak baru di era digital. Era baru ini memengaruhi cara hidup keluarga-keluarga, dan dalam arti tertentu juga memengaruhi katekese keluarga. Katekese keluarga sebagai proses pendidikan iman keluarga, mau tidak mau, harus beradaptasi dengan era baru ini. Artikel ini hendak menjawabi pertanyaan manakah corak dan cara-cara katekese keluarga di era digital?

Kata Kunci

Katekese; keluarga; era digital; katekis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Adhi, Purwono Nugroho. 2016. Keluarga dan Era Digital, dalam www.slideshare.net/karangpanas/keluarga-era-digital, diunggah pada pukul 21.30, 2 Oktober 2016.

Alberich, E. 2001. La catechesi oggi. Manuale di catechetica fondamentale. Leumann (Torino): Elledici.

Gere, Charlie. 2008. Digital Culture-Expanded Second Edition, dalam http://portiaplacino.files.wordpress.com/2011/02/digital-culture.pdf., diunggah pada pukul 10.00, 26 September 2016.

Hardawiryana, R (penterj.).1993. Dokumen Konsili Vatikan II. Dokpen KWI-Obor, Jakarta.

Istituto di Catechetica. Facolta’ di Scienze dell’educazione-Universita’ Pontificia Salesiana. 2002. Andate & insegnate. Manuale di catechetica. Leumann (Torino): Elledici.

--------. 1987. Dizionario di Catechetica. Leumann (Torino): Elledici

Komkat KWI. 2016. Katekese di era digital. Peran imam dan Katekis dalam Karya Katekese Gereja Katolik Indonesia di Era Digital. Kanisius, Yogyakarta.

--------. 2015. Hidup di Era Digital. Gagasan Dasar dan Modul Katekese. Kanisius, Yogyakarta. Konferensa Waligereja Indonesia. 2011. Pedoman Pastoral Keluarga. Obor, Jakarta.

Kongregasi untuk Imam. 2000. Petunjuk Umum Katekese. Terjemahan Komkat KWI. Dokpen KWI, Jakarta.

Muktardan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Referensi, Jakarta.

Putranto, C. B. 2016. Rambahlah Benua Digital: Dorongan Pimpinan Gereja tentang Internet. Dalam Komkat KWI. Katekese di era digital. Peran imam dan Katekis dalam Karya Katekese Gereja Katolik Indonesia di Era Digital. Kanisius, Yogyakarta.

Soravito, L. 1998. La catechesi degli adulti. Orientamenti e proposte. Leumann (Torino): Elledici.

Sudradjat, Akhmad. 2012. Generasi Z dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Dalam http://akhmadsudrajad.wordpress.com/2012/10/05/generasi-z-dan-implikasinya-terhadap-pendidikan/, diunggah pada pukul 11.00, 26 September 2016.

Yohanes Paulus II, Paus. 2006. Catechesi Tradendae. Terjemahan Hardawiryana SJ. Dokpen KWI, Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.