KATEKIS DAN PASTORAL LINGKUNGAN HIDUP

Frederikus Dhedhu, Lic

Sari

Pentingnya menjaga keutuhan lingkungan merupakan isu dan perjuangan global. Ada sekian banyak lembaga sosial bertaraf nasional yang dengan sangat gigih memberikan animasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Gereja sebagai salah satu bagian dari komunitas global mengambil bagian dalam usaha menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Para fungsionaris pastoral adalah bagian utuh dari Gereja dan menjadi subyek utama dalam konkretisasi cita-cita Gereja untuk menjaga dan melestarikan keutuhan lingkungan hidup. Tugas untuk menjaga dan merawat lingkungan salah satunya dibebankan kepada para katekis. Katekis menjadi ujung tombak Gereja dalam usaha mengambil bagian dalam isu global tentang pentingnya menjaga keutuhan lingkungan. Melalui artikel ini, penulis hendak mengedepankan tanggung jawab ekologis seorang katekis.

Kata Kunci

Lingkungan hidup; katekis; pastoral ekologis; pengrusakan lingkungan; perbaikan ekologi; tanggung jawab ekologis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Dokumen

Dekrit tentang Kerasulan Awam (Apostolicam Actuositatem).Dalam R. Hardawiryana. Pen.1993. Dokumen Konsili Vatikan II.Penerbit Obor, Jakarta.

Buku-buku

A. A.1988. Corso di Formazione per animatori di comunita ecclesiale di base. Edizione ChiesaMondo, Catania.

Chen, Martin. 2015. Spiritualitas Katekis dalam Dunia Dewasa Ini: Menjala di Laut Yang Lebih Dalam. Dalam Mukese, John Dami dan Frans Obon. Ed. Kirbat Baru untuk Anggur Baru. Menjala di Laut Yang Lebih Dalam. Nusa Indah, Ende.

Fallico, Antonio. 2006.Sulle Orme del Buon Pastore. edizioni Chiesa-Mondo.

Hardiwardoyo, Purwa.2015. Teologi Ramah Lingkungan, Sekilas tentang Ekoteologi Kristiani.Kanisius, Jogyakarta.

Lolonrian, Wilfridus. 2015.Tanggung Jawab Cendikiawan Katolik dalam Pembangunan. Dalam Lolonrian, Wilfridus. 2015. Berpihak pada Manusia Tersalib, Spiritualitas Fungsionaris Pastoral Awam. Bajawa Press, Yogyakarta.

Santagiuliana, Ampelio. 2003.Parrocchia Territorio Unita Pastorali. Edizioni Dehoniane Bologna.

Setiawan, Hendro. 2015. Awam Mau ke Mana? Jogyakarta, Kanisius.

Seputra, Widyahadi. 2007. Kajian Lingkungan Hidup, Tinjauan dari Perspektif Pastoral Sosial.Komisi PSE KWI.

Sutam, Inosensius. 2015. Katekis Sebagai Misionaris Inter Gentes Berbasis Budaya Lokal. Dalam Mukese, John Dami dan Frans Obon. Ed. Kirbat Baru untuk Anggur Baru. Menjala di Laut yang Lebih Dalam. Nusa Indah, Ende.

Villata, Giovanni. 1998.Orientati dal Futura, Nuove forme di comunita fra parrocchie.Editrice Fosanno.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.