Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Otoriter Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Gugus 03 & 04 di Wilayah Kecamatan Ende Utara

Mathilde Mitha

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi gaya kepemimpinan otoriter kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar gugus 03 & 04 di wilayah Kecamatan Ende Utara. Hipotesis penelitian ini adalah 1). Ada pengaruh negatif antara persepsi gaya kepemimpinan otoriter dengan kompetensi pedagogik guru. 2) Ada pengaruh positif antara motivasi kerja dengan kompetensi pedagogik guru. 3). Ada pengaruh antara persepsi gaya kepemimpinan otoriter dan motivasi kerja dengan kompetensi pedagogik guru. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan skala persepsi gaya kepemimpinan otoriter, skala motivasi kerja dan skala kompetensi pedagogik. Sample penelitian adalah guru sekolah dasar dari gugus 03 & 04 yang berjumlah 69 orang dengan menggunakan metode total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda dan analisis linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh negatif antara persepsi gaya kepemimpinan otoriter terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar gugus 03 & 04 di wilayah Kecamatan Ende Utara dengan  nilai koefisien korelasi sebesar  45.567 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada pengaruh positif antara  motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar gugus 03 & 04 di wilayah Kecamatan Ende Utara dengan nilai koefisien korelasi sebesar 12.288 dan p sebesar 0,001 (p<0,05), ada pengaruh antara persepsi gaya kepemimpinan otoriter dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar gugus 03 & 04 di wilayah Kecamatan Ende Utara dengan koofisien korelasi sebesar 24.903 p sebesar 0,000  (p<0,05),  R sguare 0,656 atau 43,0 %, artinya bahwa 43,0 % variabel kompetensi pedagogik dijelaskan oleh persepsi gaya kepemimpinan otoriter dan motivasi kerja, sedangkan sisanya sebesar 57,0 % dijelaskan oleh variabel lain.

Kata Kunci

Persepsi Gaya Kepemimpinan Otoriter, Motivasi Kerja, Kompetensi Pedagogik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anoraga, P. (2009). Psikologi Kinerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiansyah. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Pendidikan di Kabupaten Tanah Tidung. ejournal Pemerintahan Integratif. 1(1), 38- 50.

Arikunto, S.(2002). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S (2010). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi keenam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

As’ad. M. (2012). Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri. Yogyakarta: edisi keduabelas. Liberty.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2011). Reliablitas dan Validitas. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Azwar , S (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2013a). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013b). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013c). Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahtiar, Y. & Suarli, S. (2005). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Erlangga.

Bungin. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Kencana.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dharma, K.K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info.

Frimaiyulis. (2013). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan 1(1), 348- 461.

Glickman (2010). Supervision and Instructional Leadership. Boston: Pearson Education Inc.

Hadi, S. (2000), Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hasanuddin & Nurmaliah. (2010). Kompetensi Pedagogik Guru Biologi yang Telah Lulus Sertifikasi di SMA Negeri Kota Banda Aceh.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herujito, Y. M. (2001). Dasar- Dasar Manajemen. Jakarta : PT. Grasindo.

Hoy, W. K. & Miskel. (2008). Educational Administration. New York: Mc.Graw Hill Co.

Janawi (2011). Kompetensi Guru. Bandung: Shiddiq Press.

Kartini. T. (2011) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Profesional Guru di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu Tahun akademik 2011 (tesis tidak dipublikasikan). Master Administrasi, Jakarta.

Kartono, K (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: cetakan keenam. PT. Refika Aditama.

Mangkunegara, P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: cetakan kesebelas. PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiah (2013). Pedagogical CompetenceJunior High School Science Teacher. 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013.

Mona, S. (2013). Motivasi kerja guru dalam melaksanakan tugas di SMP Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Administrasi Pendidikan. 1(1), 123- 461.

Mubarok (2013). Studi Komparasi Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Bersertifikasi dan Non Sertifikasi Pendidik Mata Pelajaran Sains Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Metro Lampung (Tesis) Magister Pendidikan Islam. Universitas Sunan Kali Jaga.

Mulyasa (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah. J. (2010). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Kencana.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nawawi, H, (2006). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riwidikdo, H. (2013). Statistik Kesehatan Belajar Mudah Untuk Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Riniwati, H. (2010). Mendongkrak Motivasi dan Kinerja. Malang: Universitas brawijaya press (UB Press)

Robbins, S. P. (2006). Organizational Behavior, Concepts and Application Behavior. New York: Prentice- Hall Imternational Inc.

Rohmat, M. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: STAIN Press

Santoso, S. (1999), SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Jakarta: Gramedia.

Santoso. B. P & Ashari (2005), Analisis Statistik dengan Mikrosoft Excell dan SPSS. Yogyakarta. Andi Offset.

Septiana. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jurnal Pendidikan UNS. 2(1), 107-118

Siagian, S. P. (2001).Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, S. P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: cetakan ketiga. Rineka Cipta.

Sobur, A. (2012). Psikologi Umum. Bandung: PT. Pustaka Setia.

Suarli, S & Bahtiar, Y. (2010). Manajemen keperawatan dengan pendekatan praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: cetakan keempatbelas. Cv. Alfabeta.

Sugiyono (2013), Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung, CV. Alphabeta.

Suhartini, E (2011) Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Bertaraf Internasional Di Kabupaten Indramayu Tahun akademik 2011 (tesis tidak dipublikasikan). Master Administrasi, Jakarta.

Supriyadi. O. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Layanan Terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Pandelangan Provinsi Banten. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 6(2), 98-111.

Sutayno, Sumedi, & Riadi. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Walgito, B. (2006). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: PT. Andi.

Walgito, B. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.