Strategi Pembelajaran Inkuiri Sebagai Tawaran Dalam Proses Belajar Mengajar Yang Efektif (Tinjauan Kurikulum Dan Pembelajaran)

Fransiskus Soda Betu

Sari

Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai  konsep strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan proses belajar mengajar berdasarkan tinjauan kurikulum dan pembelajaran. Tulisan yang menggunakan metode penelitian kepustakaan ini mengambil referensi dari berbagai tulisan yang diolah dan dipaparkan dalam satu kesatuan pemikiran yang utuh. Hasil yang diperoleh, yakni (1) Strategi Pembelajaran Inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analisis dalam mencari dan menemukan sendiri jawaban dari pertanyaan yang diajukan,  (2) SPI dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik, (3) walaupun ada kelemahan, SPI memliki berbagai kelebihan yang dapat digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar. Para pendidik disarankan untuk memanfaatkan Strategi Pembelajaran Inkuiri sebagai salah satu tawaran dalam proses pembelajaran bersama peserta didik.  

Kata Kunci

Strategi Pembelajaran Inkuiri; peserta didik; kurikulum.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.