KOMPONEN TUJUAN DALAM NEW TAXONOMY MARZANO & KENDALL DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK

Fransiskus Soda Betu

Sari

Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai  komponen tujuan dalam New Taxonomy dan bagaimana relevansinya bagi para pendidik. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yang mana, penulis mengambil referensi dari berbagai tulisan untuk diramu menjadi satu kesatuan pemikiran dalam suguhannya. Adapun hasil yang diperoleh, yakni (1) tujuan merupakan salah satu komponen dalam pengembangan kurikulum, (2) terdapat beberapa terma menyangkut tujuan, yakni aims, goals, objectives, purpose, ends, (3) tujuan dalam New Taxonomy Marzano & Kendall sebagai dasar bagi pengembangan pembelajaran, (4) adanya relevansi penting tujuan dalam New Taxonomy Marzano & Kendall bagi pendidik. Para pendidik perlu memiliki kemampuan tidak sebatas memahami, melainkan juga menerapkan komponen tujuan dalam desain kurikulum dan pembelajaran dengan menggunakan taksonomi baru.

 

Kata Kunci

tujuan, kurikulum, taxonomy, pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marzano, R. J. & Kendall, J. S. (2008). Designing &Assessing Educational Objectives: Applying the New Taxonomy. California: Corwin Press.

McNeil, J. D. (2006). Contemporary urriculum in Thought and Action, 6th ed. Hoboken, N.J: Wiley.

Miller, J. P. dan Seller, W. (1985). Curriculum Perspective and Practice. New York: Longman Inc.

Oliva, P. F and Gordon, II, William R. (2013). Developing The Curriculum, Eighth edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Ornstein, dkk. (2011). Foundations of Education, 11th edition. Wadsworth Cengage Learning.

Print, M. (1993). Curriculum Development and Desain, second edition. Sydney: Allen & Unwin.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schubert, W. H. (1986). Curriculum: Perspective, Paradigm, and Possibility. London: Coier Macmillan Publishers.

Taba, H. (1962). Curriculum Development: Teory and Practice. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.

Zais, R. S. (9176). Curriculum Principle and Foundation. New York: Thoms Ciowell Company.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.