PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KREATIVITAS DALAM PELAJARAN AGAMA KATOLIK SISWA SMP WAWONATO TAHUN AJARAN 2021/2022

Oktavianus Supriyanto Seni

Sari

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengukuran nilai kreativitas dalam mata pelajaran Agama Katolik untuk peserta didik SMP Wawonato (2) pengembagan model pengukuran nilai kreativitas terkait mata pelajaran Agama Katolik untuk SMP Wawonato, dan (3) Mengetahui tingkat nilai kreativitas terkait mata pelajaran Agama Katolik SMP Wawonato.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developmenti). Setelah instrumen disusun dilanjutkan dengan proses pengembangan instrumen melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah model awal, kemudian dilakukan dengan validasi ahli, yaitu oleh praktisi dan Foccus Group Discussion (FGD). Tahap kedua adalah uji coba I, Uji Coba II dan diseminasi instrumen final.

Hasil penelitian ini adalah (1) guru melakukan evaluasi nilai kreativitas tidak menggunakan angket (2) diperolehnya produk final instrumen pengukuran nilai kreativitas siswa dalam pembelajaran (a) terbentuk 4 indikator nilai kreativitas siswa dalam pembelajaran, yaitu pertama, kemampuan menjawab masalah Agama Katolik secara tepat (Fluency), kedua kemampuan menjawab masalah agama katolik melalui yang tidak baku (Flexibility), ketiga kemampuan menjawab masalah agama katolik dengan menggunakan bahasa, cara, idenya sendiri(Orisinil). Keempat kemampuan memperluas jawaban masalah agama katolik, memunculkan masalah baru (Elaboration). (b) Instrumen pengukuran nilai kreatifitas siswa dalam pelajaran agama katolik telah memenuhi validitas butir, validitas konkuren, validitas konstruk dan reliabilitas. Dari angket awal yang berjumlah 30 butir faktual, setelah dilakukan uji validitas butir dan analisis faktor terdapat 18 butir instrumen yang valid dengan tingkat reliabilitasnya sebesar 0,849. (3) hasil diseminasi instrumen final menunjukkan kecendrungan nilai ingin tahu siswa dalam pembelajaran di SMP Wawonato Tahun Ajaran 2021/2022 dalam kategori sedang, yaitu dengan rerata sebesar 53,34.

Kata Kunci

nilai kreativitas siswa dalam pembelajaran, pengukuran instrumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

SidiqZulkifli.2013. Konsep dan Pengukuran Kreativitas. http:// file.upi.edu/ Direktori/ FIP /JUR._PEND._LUAR_BIASA /196010151987101. 5 maret 2015.

Haryanto.2011.18 indikator pendidikan karakter bangsa. http:// belajaronlinegratis.com /content /18-indikator-pendidikan-karakter-bangsa. 5 oktober 2015.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.