ERA MEDIA DIGITAL DAN KEHENINGAN

Irminus Sabinus Meta Toga, S.S., M.Th

Sari

Zaman sekarang disebut zaman komunikasi digital. Dalam aktivitas harian, dari awal bangun tidur sampai saat akhir beranjak tidur, mayoritas masyarakat dunia secara rutin bersentuhan dengan media digital. Pengaruh media digital dalam hidup masyarakat sudah menembus pelosok-pelosok daerah dan menyusup di hati sejumlah besar orang. Media digital menarik karena menyajikan jenis dan bentuk kenikmatannya tersendiri. Lewat media digital, orang bisa berinteraksi berjam-jam. Tanpa disadari media digital telah mengubah gaya hidup manusia, bukan hanya dalam cara berkomunikasi, melainkan juga dalam berbagai interaksi sosialnya. Kesibukan orang berinteraksi dengan media sosial meningkat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi digital yang terus berkembang dan diperbarui. Dalam kehidupan banyak orang, kegaduhan media digital telah merupakan tantangan besar bagi keheningan religius. Keheningan adalah kondisi spiritual yang sangat dibutuhkan ketika orang berkomunikasi dengan Allah. Namun, dewasa ini keheningan itu sudah menjadi sangat mahal, karena makin sulit tersedia dalam hidup keseharian. Komunikasi dan penghargaan terhadap pribadi mengalami kemunduran. Keheningan adalah sarana untuk menghadirkan Allah dalam hidup penuh kegaduhan dengan meninggalkan segala kesibukan. Hambatan bagi terciptanya keheningan adalah pikiran manusia yang terus-menerus terganggu oleh segala macam persoalan dan kesibukan, termasuk kegaduhan yang diciptakan media digital.

 

 

Kata Kunci

Perkembangan teknologi informasi; interaktif; kakteristik mondial; diferensiasi kategori; keheningan;keseimbangan hidup

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya

Elis Handoko. 2016. 99 Cara Belajar Hidup Ala Pope Francis (Who am I to judge). Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Jakarta.

Giddens, Anthony. 2001. Runaway World: Bagaimana Globalisasi Merombak Kehidupan Kita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komisi Kateketik KWI. 2015. Hidup Di Era Digital Gagasan Dasar dan Modul Katekese. Kanisius, Yogyakarta.

Muis, A. 2001. Indonesia di Era Dunia Maya: Teknologi Informasi Dalam Dunia Tanpa Batas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mark Slaouka. 1995. Ruang Yang Hilang: Pandangan Tentang Budaya Cyberspace Yang Merisaukan.Bandung:Mizan.

Petrus Maria Handoko. 2003. Diktat Sakramen-Sakramen, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang.

Phil Simon. The Age Of The Platform: How Amazon, Apple, Facebook And Redefined Business. Motion Publishing, LLC Henderson, Nevada.

PRAEDICAMUS Vol. XI.40, Oktober-Desember. 2012. Buletin Kateketik dan Pastoral Komisi Kateketik KWI.

Werner J. Severin & James W. Tankard, Jr. 2001. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan. Addison Wesley Longman, Inc

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.