MENALAR HUBUNGAN AGAMA, PANCASILA DAN NEGARA DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI ERA DISRUPSI DIGITAL

Kristoforus Kopong

Sari

Moderasi beragama terutama di era disrupsi digital merupakan hal yang sangat urgen bagi bangsa Indonesia.  Salah satu argumen penting hadirnya moderasi beragama di Indonesia adalah keragaman dan keberagamaan yang diyakini sebagai takdir Tuhan. Keragaman  dan keberagamaan meniscayakan adanya perbedaan, dan setiap perbedaan potensial melahirkan benturan dan konflik, seperti konflik antaragama, agama dengan Pancasila dan agama dengan negara. Hal ini dapat menimbulkan ketidakseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia. Oleh karena itu, setiap warga bangsa dan umat beragama perlu memahami pola hubungan antaragama, agama dengan Pancasila dan agama dengan negara serta menjadikan pola hubungan itu sebagai entry point dalam membangun moderasi beragama di era disrupsi digital. 

Kata Kunci

agama, pancasila, moderasi beragama, era disrupsi digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmadi, Abu 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ali, Asa’ad Said. 2009. Negara Pancasila, Jalan Kemaslahatan Bersama. Jakarta: LP3s.

Azra, Azyumardi. 2019. Harmoni Agama, Kebangsaan dan Pancasila. Yogyakarta: UGM.

Hendropuspito, D. 1983. Sosiologi Agama. Jakarta: B.P.K. Gunung Mulia.

Heuken, dkk.,1988. Ensiklopedi Popular Politik Pembangunan Pancasila. Jilid II F-Ker: Edisi Ke-Enam Yang Direvisi dan Diperluas. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka.

Kalean. 2012. Problem Epistemologi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Yogyakarta: Paradigma.

Kopong, Kristoforus. 2015. Membumikan Pancasila Mengurai Benang Kusut NKRI. Yogyakarta: WR.

Latif, Yudi. 2011. Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ma’arif, Syamsul. 2012. Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Majid, Nurkholis. 2001. Pluralitas Agama: Kerukunan dalam Kergaman. Jakarta: Kompas Nusantara.

Oesman, Oetojo dan Alfian. 1990. Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: BP-7 Pusat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Gedung Kementerian Agama RI.

Wahyudi, Agus. dkk. 2009. Proceding: Kongres Pancasila, Pancasila dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan dan Mahkamah Konstitusi.

Wildan, Dadan, dkk. (ed.), 2010. Perspektif Pemikiran SBY: Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Zoelva, Hamdan. 2012. Pelembagaan Nilai-Nilai Pancasila dalam Perspektif Kehidupan Beragama, Sosial, dan Budaya Melalui Putusan MK. Makalah, disampaikan pada Kongres Pancasila IV Tahun 2012, diselenggarakan oleh UGM didukung oleh MK RI dan MPR RI, Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.