Pastoral Remaja: Tinjauan Kurikulum Pendidikan Nonformal Terhadap JPA (Jadi Pendamping Adik) Di Keuskupan Agung Ende

Fransiskus Soda Betu

Sari

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang  pastoral remaja ditinjau dari kurikulum pendidikan nonformal terhadap  Jadi Pendamping Adik (JPA) di Keuskupan Agung Ende. Tulisan ini memakai riset kepustakaan. Dari hasil kajian kepustakaan ditemukan bahwa kelompok strategis yang berkaitan dengan remaja dalam Keuskupan Agung Ende dan telah berkiprah hingga saat ini, salah satunya adalah Jadi Pendamping Adik (JPA). Sebagai Wadah Pendidikan Nonformal, JPA mengambil peran dalam kegiatan pastoral anak dan remaja, yang mana, mereka mengambil peran sebagai guru atau fasilitator pewartaan Kitab Suci, mendampingi dan memimpin adik-adik Sekami dalam semangat doa, derma, kurban, dan kesaksian serta moto kakak bantu adik. Dalam membantu perkembangan adik-adik sekaligus mengembangkan diri diperlukan suatu pedoman kurikulum pendidikan nonformal supaya karya pastoral JPA memiliki tujuan pencapaian yang jelas dengan materi pendampingan yang tertata supaya diproseskan bersama adik-adik Sekami dan perlu dievaluasi berbagai konsep dan kegiatannya supaya dapat diperbaiki dan disempurnakan dari waktu ke waktu.

Kata Kunci

Pastoral; remaja; kurikulum nonformal; JPA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dokumen

Konferensi Waligereja Indonesia. Tata Perayaan Ekaristi. Jakarta: 2005.

Katekismus Gereja Katolik. Pronpinsi Gerejani Ende: 1995.

Buku

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, edisi revisi. Depok: Rajawali Pers.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

___________ 2012. Kurikulum & Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Refleksi Atas Jumpa JPA Pertama Keuskupan Agung Ende Nuabosi, 19-21 Februari 2016.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Santrock, J.W. (Penerj. Mila Rachmawati & Anna Kuswanti). 2007. Perkembangan Anak, edisi kesebelas jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, N.S. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.