Pendampingan Pastoral Anak-Remaja Dan Kaum Muda Di Era Digital

remi gius missa, Florensia Putri Kusmira

Sari

Anak-anak, remaja dan Orang Muda Katolik merupakan salah satu komponen penting dan strategis yang hendaknya diberi perhatian oleh reksa pastoral baik di tingkat Keuskupan (Komisi Kepemudaan) maupun di tingkat Paroki Seksi Kepemudaan). Anak-Remaja dan OMK disebut dengan istilah kelompok strategis. Hal ini beralasan karena mereka memiliki  kemampuan serta potensi dalam dirinya. Mereka disiapkan untuk berada di garda terdepan dalam dinamika berpastoral yakni menjadi rasul Kristus dalam  penghayatan iman dan kehidupan akhlak atau moralnya. Karena itu pendampingan yang serius, tepat dan berkelanjutan  menjadi prioritas penting dan utama. Era digital dewasa ini memberi alarm positif bagi siapun yang berkepentingan bagi pertumbuhan dan perkembangan iman dan moral anak-remaja dan OMK ini untuk melayani kebutuhannya sesuai situasi dan kondisi riil zaman moderen ini.

Untuk itu pendampingan terhadap kelompok khusus ini mesti dikondisikan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang sedang marak berkembang dewasa ini. Penggunaan gadget, internet, video clip dan live streaming adalah contoh dari perkembangan teknologi informasi yang berkembang luar biasa dahsyat bagi manusia saat ini. Mendamping secara bijaksana dengan menggunakan metode-metode berbasis digital adalah tujuan dari penulisan ini. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Bertujuan menemukan gambaran yang tepat tentang model pendampingan bagi pastoral anak-remaja dan OMK di era digital ini. Metode yang digunakan adalah metode analisis terhadap dokumen dan referensi apapun yang berkaitan dengan karya pendampingan bagi anak-remaja dan OMK yang diperoleh dari perpustakaan dan dari pengalaman mahasiswa berpraktek. Hasilnya berupa kesimpulan bahwa karya pendampingan bagi anak-remaja dan OMK akan menjadi efektif bila menggunakan media teknologi digital yang dipahami sebagai salah satu sarana bantu positif bagi pertumbuhan dan perkembangan imannya.

Kata Kunci

Pendampingan Pastoral; Anak-Remaja; Orang Muda Katolik; Era Digital;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Buku-buku:

Arifianto, S. dan Juditha, C. 2017. Komunikasi di Era Teknologi Digital: Kajian Ekonomi Digital, Media dan Budaya Komunikasi. Yogyakarta: HIMPENINDO.

Azwar, S. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwanto, S.S. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardawiryana, R. 1993. Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Obor.

---------------------.1993. Dokumen Konsili Vatikan II-Intermirifica. Jakarta: Obor.

Komisi Kepemudaan KWI. 1991. Berkembang Bersama Orang Lain. Sebuah Model Pembinaan Kaum Muda. Yogyakarta: Kanisius.

Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang. 2012. Kapal Youth Day 2012. Palembang: Express Bahari.

Mangunharjana, A. M. 1986. Pendampingan Kaum Muda. Yogyakarta: Kanisius.

Moleong, Lexy. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pollo, Mario. 2002. Animazione Culturale. Roma: Libreria Ateneo Salesiana.

Singarimbun, M. dan Effendi S. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S.

Sudaryono. 2016. Aplikasi Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya, A. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tonelli, R. 1996. Per La Vita E La Speranza. Un progetto di Pastorale Giovanile. Roma: Libreria Ateneo Salesiano. (LAS).

Jurnal:

Prasetyo Hoedi & Sutopo, W. 2018. Industri 4.0. Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. dalam Jurnal Teknik Industri Volume 13, No. 1, Januari 2018. Semarang: Universitas Diponegoro.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.